SILAPRA


Sistem Informasi Laporan Akuntabilitas Penyerapan Realisasi Anggaran (Silapra) adalah manajemen kontrol pengelolaan anggaran oleh perangkat daerah, sehingga seluruh kegiatan akan dapat dimonitor berdasarkan serapan anggaran yang telah di laksanakan oleh masing-masing perangkat daerah. Silapra juga berfungsi sebagai alat informasi kepada masyarakat sebagai bentuk transparansi atas pengelolaan, penggunaan dan pelaksaan kegiatan pada masing-masing perangkat daerah.

Struktur Anggaran

Silapra akan memberikan informasi anggaran yang dikelola oleh pemerintah kabupaten sigi. yang terdiri dari total pagu anggaran, informasi jenis belanja beserta distribusi pada masing-masing perangkat daerah dalam tahun anggaran berjalan dalam bentuk struktur beserta realisasi dan persentasinya.

Target dan Realisasi

Sistem kerja pengelolaan anggaran pada Silapra diawali dengan menyusun target (prediksi) setiap bulan pada item rincian kegiatan berdasarkan besaran pagu anggaran pada masing-masing perangkat daerah. Dengan adanya rencana target serapan anggaran bulan berjalan diharapkan realisasi penyerapan anggaran dapat tercapai yang pada akhirnya dapat meningkatan kinerja perangkat daerah dalam pelaksanaan kegiataan.

Grafik dan Deviasi

Informasi tersaji dalam bentuk table dan grafik dilengkapi dengan informasi deviasi realisasi dan deviasi fisik. Model grafik dan tabel mempermudah dalam membaca data realisasi serapan anggaran dan deviasi untuk mengetahui dan menilai kinerja pelaksanaan kegiatan

Monitoring & Evaluasi

Informasi data realisasi serapan anggaran sebagai bahan evaluasi dan monitoring hasil kinerja satuan perangkat daerah dalam pelaksanaan kegiatan.